12.12.20

Notes : Puncak Perayaan Baca Bareng Edisi November 2020

Kegiatan ini dilaksanakan kerjasama antara Moco Academy by Aksaramaya - Ipusnas - Kompas Gramedia - Tikomdik Jabar - PhiRadio - Buku Kompas - Penerbit Kompas - Readathon.id


Tempat : kelas.mocoacademy.id
Tanggal : Sabtu, 12 Desember 2020
Waktu : 14.00 - 16.00
Pemateri : Putu Fajar Arcana
--

  1. Menulis bukan karena tuntutan. Tapi sebuah pilihan. Sehingga penulis bisa memenuhi kebutuhan hidup.
  2. Eksekusi dengan menulis. Latihan 1 hari 1 lembar bisa jadi pilihan.
  3. Jangan pernah menggapai sesuatu yang jauh ketika menulis mulailah dari sesuatu yang dekat dengan kita, karena kita tahu masalahnya.
  4. Writer block bisa diatasi oleh outline dan Deadline.
  5. Writer block juga bisa diatasi dengan selalu memiliki tabungan ide, bisa menulis di laptop atau buku kecil. Supaya setiap kejadian tidak hilang. yang penting tulis/catat kata kuncinya.
  6. Kirim saja naskah kalau ingin tahu reaksi penerbit/pembaca. Kalau bisa yang ada editornya supaya mendapat kepuasan tersendiri manakala naskah kita melalui kurasi dan berhasil/gagal.
  7. Jaminan lolos sekali tidak menjamin lolos selanjutnya, tergantung kualitas kita. Perlu kesabaran, ketekunan, strategi dalam mengolah cerpen dan termasuk faktor rezeki.
  8. Strategi mengirim naskah mingguan, kita bisa kirim per bulan.
  9. Biasanya redaktur akan melirik cerpen dari cerpenis baru dari tiga cerpen pertama mereka. apakah ada perkembangan atau tidak. untuk mengecek apakah karyanya original atau tidak. so, anak-anak muda yang sekarang baru ngirim sekali masih ada harapan terus mengirim sampai dilirik oleh editor.
  10. Apapun bentuk tulisannya, apalagi non fiksi. riset adalah sebuah habit yang baik untuk membuat tulisan. Mengambil dari ilmu jurnalistik. diambil dari Data dan Fakta. Contoh penulisan tentang Covid.
  11. Seenggak-enggaknya Fiksi itu bisa memberi perubahan jika dibuat dengan mengedepankan riset dari data dan fakta. Sehingga bukan hanya hiburan tapi bermanfaat. dibanding novel-novel yang hanya berdasarkan khayalan. Itu Kekuatan riset sebagai basis dalam membuat tulisan.
  12. Riset ini adalah keterampilan yang bisa dipelajari. tidak ada urusan dengan bakat, bakat itu hanya tambahan.
  13. Seorang pembaca yang antusias pasti bisa menulis. Tinggal menunggu momentum aja. karena momentum bisa diciptakan dengan kemauan. 'ah, kita sudah banyak membaca buku. ini saatnya kita menuliskan untuk disampaikan kembali kepada orang lain'.
  14. Keterampilan bisa diasah dengan apa yang paling dekat dengan diri sendiri, dengan segala persoalannya lalu bikin referensi sehingga orang lain merasa bahwa cerita itu milik dia sendiri. Kunang-kunang di langit Manhattan - adalah cerpen berdasarkan pengalaman sendiri. Dan dengan mempelajari referensi sehingga dapat dinikmati orang lain sebagai pengalamannya sendiri.
  15. Seorang penulis harus mendapatkan karakter/ciri/stylenya sendiri. apa yang mempengaruhi style tersebut? - Pont ini belum sempat ditulis karena gangguan sinyal. Padahal sangat penasaran apa yang menjadikan para penulis seperti Dewi 'Dee' Lestari, Ayu Utami,dll memiliki style tersebut.
  16. Kesimpulan : Menulis adalah berbagi kepada orang lain. Pekerjaan menulis bukan pekerjaan yang sia-sia. Ini pekerjaan yang terhormat.

----------------------------
Pencatat : Agus Sutisna


Berikut dokumentasinya :




Comments


EmoticonEmoticon