11.2.20

Diagnostic Test : 4 Tipe Kepribadian Manusia



Bekerja dengan orang lain dalam suatu perusahaan besar atau kecil akan terjadi pergesekan satu sama lain. Sebuah resiko karena manusia adalah makhluk sosial, yang mana akan berhubungan dengan satu atau lebih banyak orang. Jangan heran jika kita menemukan orang yang bertentangan dengan pendapat kita, pun jangan heran ada orang yang selalu mendukung apapun yang kita usulkan. Manusia memang unik.

Apa itu Karakter dan Kepribadian Manusia?


Dari laman KBBI Daring, Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain; tabiat; watak, sementara Dari laman KBBI Daring, Kepribadian adalah sifat hakiki yang tercermin pada sikap seseorang atau suatu bangsa yang membedakannya dari orang atau bangsa lain.

Tipe Kepribadian Menurut Hippocrates-Galenus


Dicatut dari penelitian Nur Hamidah, ditulis dalam catatan jurnalnya, bahwa Tipe Kepribadian dicetus pertama kali oleh Hippocrates (460-370 SM). Ia membagi 4 golongan kepribadian manusia berdasarkan unsur yang terdapat di alam, yaitu Tanah, air, udara dan api. Tanah mewakili sifat kering, Air mewakili sifat basah, udara mewakili sifat dingin dan api mendukung sifat panas. (Jaenudin, 2012).

Teori Hippocrates berdasarkan sifat yang juga terdapat dalam tubuh manusi, yaitu sifat kering terdapat dalam chole (empedu kuning), sifat basah dalam melanchole (empedu hitam), sifat dinginpada phlegma (limpa), dan sifat panas pada darah. (Bruni, 2002)

Selanjutnya Galenus (129-200) SM mengembangkan pendapat Hippocrates dan memberi keempat tipe dengan Koleris, Melankolis, Plegmatis, dan Sanguinis (Jaenudin, 2012).

Lalu teori disempurnakan oleh Florence Littauer dengan menjelaskan bagaimana ciri-ciri tiap kepribadian.

Sangunis merupakan karakter yang mudah Bahagia namun mudah sedih, suka berbicara, suka menolong, berantakan, emosional dan kekanak-kanakan.

Koleris mempunyai tantanan hidup untuk pencapaian, berbakat jadi pemimpin, mudah menjalin pertemanan, pekerja keras dan dispilin.

Melankolis itu pemikir, introvert, melakukan segala sesuatu dengan sempurna, sensitive, tenang dan merupakan seorang analis yang handal. Menyukai yang teratur sehingga menyukai grafik, daftar, bagan dan diagram.

Plegmatis, memiliki kepribadian yang menyenangkan, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, pendengar yang baik, menikmati hidup dan tidak terlalu menyukai tantangan. Kemampuan administrasi yang baik karena sifat sabar dan tenangnya,

Apakah semua tipe kepribadian adalah baik? ya semua baik. Ada kelebihan dan kelemahan dari setiap tipe kepribadian. Kita cek yu sekarang!


Air, Bumi, Api, Udara. Zaman dulu semua negara hidup dalam perdamaian. Kemudian semua berubah saat negara Api menyerang. 
Pernah dengar kalimat tersebut? Yup, itu adalah intro dari film avatar The Last Airbender.  Apakah kamu si Kuat pengendali Api? si Sempurna pengendali Air? si Damai pengendali Angin? atau si Populer pengendali Bumi? (Humor)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan saudari Nur tersebut pada siswa kelas 12, dari cara mengerjakan soal gambar/visual disimpulkan bahwa :

Sanguin si Populer, mengerjakan soal dengan cepat namun kurang teliti. Lalu mengecek jawaban hingga berulang-ulang hanya pada soal yang dianggap sulit.

Koleris si Kuat, mengerjakan soal dengan terburu-buru tanpa memahami atau menganalisis terlebih dahulu dan tidak mengecek kembali jawabannya.

Melankolis si Sempurna, mengerjakan soal dengan sangat hati-hati dan teliti. Lalu mengecek semua jawaban minimal tiga kali.

Plegmatis si Damai, akan mengerjakan soal dengan santai dan hanya mengecek jawaban dari soal yang dianggap sulit.

Bagaimana kalau ada kombinasi antara tipe kepribadian? Bukan artinya ganda ya, tapi campuran. Selanjutnya saya akan perbaharui isi postingan ini.

Kesimpulannya adalah semoga dengan mengetahui karakter ini, kita bisa saling menjaga satu-sama lain. Bekerja sama dengan maksimal dalam suatu visi dan misi perusahaan. Menerima karakter baik dalam diri dan mengubur kelamahan-kelamahan yang akan menghambat keberhasilan.

Perbaharui pengetahuanmu dengan mencoba quiz lain dalam Seri Diagnostik Test
--


Sumber Rujukan:

Hamidah, Nur. 2019, Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus, Diambil dari laman repository.unej.ac.id diakses di alamat http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90648. Diakses pada 11 Februari 2020

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016, KBBI Daring diakses (link): https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses pada 12 Februari 2020

Design Sampul oleh Freepik
Comments

3 tanggapan

Aku melankolis dong. Tapi kadang org sering menyalahkan sifat ini, nah gini nih....

"Abis baca buku bucin ya, pantes kayak melankolis bener" kan kok malah yg disalahkan melankolis sihh :"

Saya kayaknya melankolis deh, kayaknya hampir semua penulis punya sifat serupa melankolis deh hihihi

Tapi kayaknya sikap itu bukan bawaan lahir, tapi tempaan sejak kecil tepatnya :)

Kayaknya saya campuran deh, introvert kayak melankolis tapi saya bukan seseorang yang tenang, ada sedikit campuran sanguinis dan tidak terlalu menyukai tantangan seperti plegmatis


EmoticonEmoticon