21.1.20

Perpustakaan Dunia Ada Dalam Telepon Genggam


'The Whole Library is i your Phone', aku pikir kalimat ini cocok untuk dijadikan sebuah tema laman blog ini. Bagaimana tidak seluruh kosakata, media acak, dan pertanyaan-pertanyaan telah terpusat dari satu data yang sama bernama 'Google'. Seolah menjadi sebuah kesepakatan bersama bahwa daya tampung semua data ada disini. Kita sendiri yang upload dan kita juga yang download. Kita sendiri yang unggah dan kita sendiri yang unduh.

Diantara rimba pengetahuan itu saya menemukan laman yang sangat recomended buat yang hobby baca. Berikut penjelasannya (urutan bukan nilai).

1. Google Scholar / Google Cendikia


Dari perusahaan besar Google ada satu lamannya yang sangat menggelitik bagiku, itu bernama 'Google Scholar' atau Google Cendikia. Laman pencarian ini dikhususkan bagi para akademisi, peneliti dan pengembang untuk menghimpun data berupa artikel, tesis, buku, abstrak, dan pendapat pengadilan, dari penerbit akademis, perkumpulan profesional, repositori online, universitas, dan situs web lainnya.

"Berdiri di Bahu Raksasa" sebuah slogan yang sangat unik bila dibandingkan dengan laman yang lain. Sebuah perumpamaan manakala kita bisa berhasil menemukan apa yang kita ingin temukan.

Tampilannya seperti mesin pencari Google biasa, hanya saja lebih spesifik.

Kategori yang disiapkan dalam laman ini cukup beragam, mulai dari Bisnis, Ekonomi & Manajemen, Ilmu Kimia & Material, Teknik & Ilmu Komputer, Ilmu Kesehatan & Kedokteran, Humaniora, Sastra & Seni, Ilmu Hayati & Ilmu Bumi, Fisika & Matematika, Ilmu Sosial.)

Sangat cocok untuk referensi dan rujukan bagi mahasiswa tingkat akhir yang kebingungan mencari sumber pustaka.

2. Katadata


Sebagaimana yang tertera dalam profil katadata.co.id, Bahwa katadata adalah perusahaan media dan riset di bidang ekonomi dan bisnis yang memadukan kekuatan jurnalistik dan ketajaman analisis.

Hal yang saya suka dari katadata adalah infografik dan databoksnya. Informasi disajikan dengan dua tampilan, grafik/chart dan uraian penjelasan. Datanya juga bisa kita unduh dan embed di laman website kita. Informasi-informasi yang tersedia sangat akurat, bahkan trend virus Corona telah tersedia dalam bentuk infografik, berita/artikel dan chart. Ini sangat cocok untuk bahan presentasi dalam menyuguhkan data-data berbentuk chart seperti ini, tentu saja hal ini sangat menyenangkan bagi kalian yang bertipe Visual Learning.


3. The Conversation


Awal ketemu laman ini sewaktu saya ingin membuat PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) yang berkenaan dengan Minat Baca dan Hasil Survey Pisa dimana Indonesia mendapatkan skor yang rendah dibanding negara lain. Laman ini nyaris seperti jurnal, tapi dibawakan dengan kejurnalistikan yang apabila orang awam membacanya bisa dengan mudah memahaminya. Jelas ini adalah artikel yang keren, bermanfaat dan luar biasa.

The Conversation ini merangkul para penulis, pemerhati atau peneliti untuk bersama-sama membangun laman. rata-rata mereka merupakan para pakar di bidangnya.

4. Vice Indonesia


Jurnalistik rasa anak muda, dan sepertinya dikelola oleh generasi milenial kali ya. Dari pemilihan thema dan judul yang 'nyeleneh' tapi penasaran. Dari hal yang sedang diperbincangkan bahkan hal yang belum terpikirkan sebelumnya. Jujur karena menemukan Vice ini sehingga saya memberanikan membuat blog non fiksi ini. Biasanya saya gemar menulis cerpen, kan. Nah Bagi yang demen adventure, vlogging maupun traveler, laman ini wajib jadi salah satu refrensi bagaimana membuat artikel yang 'gila' kerena banget!


Penulis : Agus Sutisna
Designed by vectorpouch / Freepik
Comments

3 tanggapan

Menarik nih...perlu disamperin sepertinya.

Jadi nambah wawasan,.. Terimakasih


EmoticonEmoticon